Hepatitis Akut Itu Gejalanya Hampir Mirip Covid-19

Featured Kesehatan Pemda Provinsi
Bagikan:

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni menyebutkan penyakit Hepatitis Akut yang menyerang kalangan anak-anak di Indonesia memiliki gejala sama dengan virus COVID-19. “Gejalanya penderita Hepatitis Akut memang ada kesamaan dengan COVID-19,” kata Herwan kepada radarbengkuluonline.com kemarin (12/6).

Kesamaan tersebut, kata Herwan, menyerang saluran pernapasan dengan gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, hingga penurunan kesadaran.

Sementara, gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (penyakit kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah). “Tapi sebagian besar kasus, tidak ditemukan adanya gejala demam.”

Baca Juga :   14 Link Jalan dan Jembatan Dibangun di Seluma Tahun Ini

Ia meminta agar masyarakat tidak panik menyikapi penyakit ini. Sebab, sejauh ini Hepatitis Akut belum terdeteksi di Provinsi Bengkulu. Namun demikian, dirinya meminta agar pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit segera melaporkan jika terdapat gejala yang mirip dengan COVID-19 ini. “Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal,” ungkap Herwan.

Tak hanya itu, Herwan mewanti-wanti agar masyarakat melakukan pencegahan dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jaga jarak, mengurangi mobilitas dan mengkonsumsi makanan yang matang juga tidak menggunakan alat makanan yang sama dengan orang asing.(idn)