Quartararo Juara Sekaligus Puncaki Klasemen

Featured Olahraga
Bagikan:

Hasil MotoGP Portugal

radarbengkuluonline.com, JAKARTA – Juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo menjuarai MotoGP Portugal setelah tampil dominan dalam balapan yang diwarnai sejumlah insiden. Termasuk DNF -nya Enea Bastianini. Dengan kemenangan tersebut Quartararo kini memimpin klasemen sementara pembalap MotoGP.

Johann Zarco yang start dari pole position sempat tercecer di posisi keempat selepas start meski kemudian bisa kembali ke urutan kedua begitu keluar dari tikungan 1. Quartararo yang start dari posisi kelima mampu menemukan celah untuk merangsek ke urutan kedua. Namun dari semua rider, Alex Rins (Suzuki) yang start dengan hebat dan berhasil naik 10 posisi. Bahkan sebelum lap pertama berakhir. Mir yang tampil solid sepanjang sesi latihan berhasil memimpin lomba. Namun, situasi tersebut tidak berlangsung lama.

Pada lap keempat Quartararo mencuri pimpinan lomba dengan menyalip Mir di tikungan pertama. Begitu mendapatkan momentum, pembalap Prancis tersebut langsung melarikan diri. Quartararo banyak memanfaatkan kekuatannya di sektor terakhir untuk mendapatkan waktu terbaik.

Baca Juga :   Antusias, Film The Doll 3 Tembus 180 Ribu Penonton

Persaingan sengit kemudian terjadi antara Mir dan Zarco. Mir yang terus mempertahankan posisinya membuat Zarco kehilangan banyak waktu di belakangnya. Juga mengakibatkan bannya terkikis signfikan. Situasi tersebut berlangsung hingga balapan menyisakan 12 lap. Situasi itu dimanfaatkan Jack Miller yang terus mendekat.

Zarco yang tahu sedang diburu Miller mencoba manuver agresif dengan menyalip Mir. Sayangnya dia malah melebar di tikungan 1. Mir pun tetap bertahan di posisi kedua, Zarco baru berhasil mengatasi Mir pada lap berikutnya. Mir kemudian yang menjadi target buruan Miller.

Petaka terjadi di lap 19. Miller mencoba menyalip Mir di tikungan 1, namun kehilangan cengkeraman ban depannya. Motor Miller terseret lalu menyapu Mir keluar lintasan. Insiden tersebut langsung diinvestigasi race control. Keluarnya dua pembalap tersebut dari balapan mengantarkan Aleix Espargaro (Aprilia) ke posisi ketiga. Posisi tersebut bertahan sampai akhir balapan. Quartarao finis di depan Zarco dengan selisih 5,4 detik. Sedangkan Espargaro di podium ketiga dengan jarak enam detik.

Baca Juga :   Terbaru, KPU Usulkan Honor PPK, KPPS, dan PPS Naik

Ini menjadi kemenangan perdana Quartararo sejak GP Inggris Agustus tahun lalu. Namun dengan satu kemenangan di musim ini, dia langsung memimpin klasemen sementara pembalap dengan raihan 69 poin. Poinnya sama dengan Rins yang ada di posisi kedua. Namun Rins nirmenang musim ini. Enea Bastianini yang crash di tikungan 8 langsung turun tiga tingkat ke posisi empat klasemen. (JP)