Kado Unik yang Membawa Pundi-Pundi Duit

Ekonomi & Bisnis Featured
Bagikan:

radarbengkuluonline.com, BENGKULU- Berpikir kreatif lalu membuktikannya melalui karya positif,  unik pada masa sekarang sangatlah diperlukan. Melati (23) yang baru saja menyelesaikan masa perkuliahan ini telah membuktikannya.Ia  berhasil meraih pundi-pundi rupiah sedikit demi sedikit  dari bisnis onlinenya.

Bisnisnya ini berawal dari hanya ingin memberikan sebuah hadiah unik untuk teman-temannya melalui karya yang dibuat sendiri. Yakni melcraft. Hal itu akhirnya mendapat respon yang baik dan menjelma menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan baginya.

SILAHKAN BACA: Inilah Kiat Mahasiswa Milenial Hafal Al-quran 30 Juz dalam Setahun

“Awalnya cuman sekadar ingin memberikan hadiah kepada teman-teman yang habis semrop atau sidang skripsi. Tapi, setelah itu banyak yang memesan juga. Dan ditambah posisi saya mempunyai banyak waktu luang, jadi dari situ mulai difokuskan,” ujarnya saat diwawancarai radarbengkuluonline.com Sabtu siang (15/1).

Bisnis ini dijalankan dari rumahnya  yang beralamat di Jalan Gelatik No 1, Kelurahan Cempaka Permai, Gading Cempaka. Ini dilakukan semuanya melalui online. Berbagai platform ia gunakan. Diantaranya Instagram, Shopee, dan Market Placedengan nama melcraft.

BACA JUGA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (27)

“Semua rangkaian kegiatan dalam bisnis ini  saya lakukan serba online. Promosi dan lainnya dilakukan melalui media sosial saya dan juga bisa melalui aplikasi shopee,” ungkapnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan melcraft ini ialah bingkai, akrilik, kayu dudukan untuk akrilik, bunga kering, foto. Selain bahan utama tersebut juga diperlukan bahan packaging. Seperti box, paperbag, pita, kertas dan lainnya agar terlihat lebih menarik. Proses pembuatan melcraft ini bisa mencapai 1-2 hari pengerjaan. Namun juga sangat bergantung dengan kesiapan bahan.

BACA DULU: Pabrik Kerupuk Bahagia Sukses Karena Ini

Bisnis yang dijalani Melati ini pada awalnya memerlukan modal yang cukup besar untuk pengadaan stok barang dan perlengkapan yang diperlukan. Namun, setelah ia mulai serius dan fokus bisnis ini menghasilkan omset yang cukup untuk menambah kebutuhan hidupnya.

“Modal awalnya itu sekitaran 1 juta. Yah walaupun banyak bahan yang tidak terpakai. Omset itu sangat tergantung banyak permintaan. Dalam satu bulan  penghasilan bersih bisa mencapai 1 jutaan juga,”tuturnya.

PERLU DIBACA: Penjual Bibit Buah Raup Omset Segini

Melati juga menambahkan, dalam menjalani bisnis ini perlu melatih dan meningkatkan daya kreativitas agar karya mampu bersaing. Selain itu, bisnis ini sangat tergantung dengan pasar. Karena biasanya pesanan melcraft berdatangan dari kalangan mahasiswa yang sidang skripsi atau wisuda.

“Usaha ini perlu meningkatkan daya kreativitas dan harus sabar juga dalam mempromosikan karya. Dalam pembuatan karya juga harus teliti. Karena respon yang baik dan kepuasan dari konsumen itu sangat perlu dijaga,”tuturnya. (Mg-3)