ANAK PETANI INI MEMILIKI PRESTASI SEGINI

Featured Kota Bengkulu Pendidikan
Bagikan:

radarbengkuluonline.com,BENGKULU – Meraih prestasi ditingkat kota hingga bisa mencetak buku Novel bukan merupakan hal yang mudah bagi Andika Saputra (22). Sebab, ia hanyalah   anak dari Risman Yudi dan Rihayati yang berprofesi sebagai petani.

Anak bungsu dari 5 bersaudara  ini,  saat ini masih menempuh pendidikan di UIN FAS Bengkulu. Disamping studi tak pernah lupa, ia sukses meraih prestasi dari berbagai bidang akademik dan non akademik.

Andika memulai potensi dirinya dari ia masih duduk di bangku SMP. Kemudian, ia terus mengembangkan potensi diri. “Dulu disuruh menjadi ketua kelas saat SMP. Nah, mulai dari situ saya berpikir bahwa saya ini sudah punya tanggung jawab. Dari situ juga saya berpikir, diri saya mampu atas amanah yang diberikan,” tutur Andika saat dihubungi radarbengkuluonline.com Jumat (14/1//22).

BACA DULU: Inilah Kiat Mahasiswa Milenial Hafal Al-quran 30 Juz dalam Setahun

Dari jenjang SMA hingga saat ini Andika sudah meraih berbagai prestasi. “Dulu waktu SMA pernah ikuti lomba speech competition dan pernah menjadi porter di Yogyakarta,” ujar Andika.

Dibangku perkuliahan, ia berhasil menjadi Duta Genre Kota Basis Pendidikan dan meraih juara 2 pada tahun 2019. Sehingga ia mendapatkan tawaran menjadi pelatih PIK-R MAN 2 Kota Bengkulu hingga saat ini. Tak hanya itu, pada tahun 2020 ia juga bergabung di Duta Bahasa Provinsi Bengkulu dan menjadi Finalis 5 Besar.

Pada tahun 2021 ia berhasil menyabet juara 1 Karya Tulis Ilmiah Tingkat Provinsi dan saat ini ia juga menjadi Brand Ambassador Literasi Psikologi Indonesia (LPI) tahun 2022. Selain itu ia juga mempunyai hobbi menulis hingga berhasil menerbitkan buku dengan judul Badai Hijrah yang diterbitkan pada tahun 2021.

Dukungan dan dorongan dari keluarga serta memotivasi diri sendiri untuk Andika agar tetap belajar dan belajar lagi. “Kita itu harus beda dari yang lain. Mungkin saat ini mahasiswa kuliah hanya untuk mengejar IPK, tapi kita harus belajar mandiri. Menggali lebih dalam lagi dan tetap membentuk potensi diri menjadi lebih baik lagi.”

BACA JUGA: KSEI SEM-C UIN FAS Adakan Seminar dan Diklat Ekonomi Islam

Ia juga mempunyai kiat-kiat yang ia tanamkan di dirinya untuk selalu mempunyai keinginan, mecurahkan seluruh tenaga untuk mencapai sesuatu. Sebagai anak muda yang milenial, Andika juga menyampaikan untuk seluruh anak muda di Provinsi Bengkulu harus tanggap informasi dan mempunyai relasi yang tinggi pula.

Dalam meraih semua prestasi tersebut tentu membutuhkan proses yang panjang dan kendala yang dihadapi.”Kendalanya tentu dalam hal memanajemen waktu antara perkuliahan dengan organisasi dan kegiatan-kegiatan lainnya dikarenakan saya sudah di semester akhir.”

Harapan kedepannya, ia ingin tetap mengupgrade skill tentang dunia literasi dan memperluas jaringan relasi dan juga menyelesaikan perkuliahannya.(Mg-1)