Indonesia Tantang China di Partai Final Piala Thomas 2020

Featured Kota Bengkulu Nasional

RBO >>>AARHUS >>>  – Indonesia memastikan diri melaju ke final Piala Thomas 2020 malam ini, Minggu (17/10/2021) usai mengalahkan Denmark di babak semifinal.

Bertanding di Ceres Arena, Aarhus, Sabtu (16/10) malam WIB, Hendra Setiawan dan kolega menang dengan skor 3-1 atas Denmark. Sebelum memastikan diri lolos ke partai final, Indonesia harus tertinggal terlebih dahulu dari Denmark usai Anthony Sinisuka Ginting kalah melawan Viktor Axelsen.

Menghadapi Axelsen yang memiliki postur lebih tinggi, Ginting harus menyerah dengan skor 9-21, 15-21 dalam waktu 46 menit. Beruntung di pertandingan kedua Indonesia yang menurunkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bisa mengatasi perlawanan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Pasangan berjuluk The Minions itu sukses menyamakkan kedudukan tim bulu tangkis Indonesia atas Denmark usai menang atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 21-13, 10-21, 21-15 dalam waktu 55 menit.

Tren kemenangan tim bulu tangkis Indonesia ternyata berlanjut usai Jonatan Christie mengatasi perlawanan Anders Antonsen. Bermain tiga gim melawan Antonsen, pemain yang akrab disapa Jojo itu menang dengan skor 25-23, 15-21, 21-16 dalam waktu 1 jam 40 menit.

Kemenangan Jonatan Christie membuat tim bulu tangkis Indonesia tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke partai final Piala Thomas 2020.

Pada laga keempat Indonesia yang menurunkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa menang cepat atas Mathias Christiansen/Frederik Søgaard. Pasangan nomor tujuh dunia itu menang dengan skor identik 21-14, 21-14 dalam waktu 38 menit. Berkat kemenangan Fajar/Rian, tim bulu tangkis Indonesia berhak melangkah ke babak final Piala Thomas 2020 dan akan menantang China.

China melaju ke final Piala Thomas 2020 usai mengandaskan perlawanan Jepang di babak semifinal dengan skor 3-1. Pada laga melawan Jepang, Negeri Tirai Bambu hanya kalah di pertandingan pertama usai Shi Yu Qi mengalami cedera saat bertemu Kento Momota. Setelah kekalahan Shi Yu Qi, negeri yang dipimpin oleh Xi Jinping itu meraih tiga kemenangan di laga berikutnya melalui He ji Ting/Zhou Hao Dong, Li Shi Feng dan Liu Cheng/Wang Yi Lyu. Merujuk pada rekor pertemuan kedua negara di babak final Piala Thomas, China tercatat sudah menang tiga kali dari Indonesia di partai puncak dari lima kali laga yang telah dijalani.

Pertemuan terakhir kedua negara di partai final Piala Thomas terjadi pada tahun 2010. Saat itu Hendra Setiawan dipaksa mengakui keunggulan China dengan skor 3-0. Rencananya laga final Piala Thomas 2020 yang mempertemukan Indonesia melawan China akan tersaji di Ceres Arena, Aarhus, Minggu (17/10) pukul 18.00 WIB.(bwf/mcr16/jpnn)