DPK Provinsi Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan

Pemda Provinsi Pendidikan

RBO, BENGKULU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mengadakan sosialisasi jabatan fungsional pustakawan. Acara itu bertempat di Mercure Hotel. Kegiatan dihadiri Kepala DPK Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi M.Pd serta mendatangkan seorang pustkawan ahli Dedi Junaedi.

“Kegiatan kita hari ini, diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari 10 kabupaten/kota. Adapun tujuan kegiatan guna meningkatkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan serta profesionalitas seorang pustakawan. Juga guna meningkatkan mutu, serta kompetensi pustakawan dalam melaksanakan tugas sebagai penyedia informasi bagi pemustaka,” ungkap Meri Sasdi.

Selain itu, menurut Meri Sasdi, Seorang pustakawan merupakan ujung tombak dari pelayanan sebuah perpustakaan. Sebab itu selain pemahaman tentang daftar pustaka buku, pustakawan perlu semangat dan pemahaman dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat.

“Sesuai dengan Pergub Bengkulu nomor 30 tahun 2019. Dimana setiap satu desa wajib memiliki satu orang pustakawan. Karena kita ada program satu desa, satu perpustakaan yang artinya nanti se Provinsi Bengkulu itu ada 1.677 perpustakaan. Hanya saja saat ini, kendala kita di SDM, dimana pustakawannya hanya berjumlah 70 orang,” Pungkas Meri Sasdi. (Iwan/RBI/prw)